Tolong Perbaiki Jalan Pautan Kabau Padang Pariaman

30 Jan 2016

JALAN di Kabupaten Padang Pariaman banyak yang rusak parah.

Kerusakan jalan itu sudah menjadi pemandangan yang biasa dan dianggap bukan persoalan serius, khususnya di Desa Sunur, Kecamatan Nan Sabaris, Kabupaten Padang Pariaman. Saat ini ada dua korong (bagian wilayah Nagari) dalam Desa Sunur. Korong itu ialah Korong Pautan Kabau dan Kampung Aur.

Jalan yang berada di Korong Pautan Kabau dan Kampung Aur ialah jalan yang tiap hari dilewati masyarakat untuk beraktivitas.Bertahun-tahun masyarakat meng gunakan jalan yang rusak parah tersebut. Masyarakat tidak punya pilihan lain. Pemerintah setempat sepertinya juga tidak peduli.

Masyarakat juga sudah lelah dan bosan dengan kondisi jalan yang rusak dan tidak diperbaiki itu.Jalan itu sudah seperti kubangan kerbau karena tiap hari, lubang besar itu digenangi air. Bahkan, di Korong Kampung Aur ditemukan jalan yang hancur sudah ditumbuhi rumput.

Jalan yang dilalui masyarakat itu banyak batu dan kerikil tajam.Para pengendara motor juga harus berhati­hati karena bisa terjatuh akibat batu-batu tersebut. Setiap hari lewat jalan itu, kendaraan bisa rusak. Saya juga miris melihat anak-anak SD dan SMP yang harus melewati jalan itu setiap hari untuk menuju sekolah mereka. Jalan tersebut benar-benar tidak layak lagi digunakan, benar-benar seperti kubangan kerbau berbatu.

Memang, kedua korong ini berada di pelosok. Tidak seperti korong lain, korong tempatku ini tidak diperbaiki. Akibatnya, terjadi kesenjangan dan kecemburuan sosial di antara masyarakat karena masyarakat tahu bahwa mereka punya hak yang sama, mendapatkan infrastruktur jalan yang layak. M a s y a ra k a t s e t e m p a t t i d a k perlu jalan semulus tol. Kalau pemerintah terkait yang bertanggung jawab terhadap jalan itu tidak mampu memperbaiki jalan secara bagus dan menyeluruh, setidaknya lakukan perbaikan sementara.

Tolong tambal jalan supaya masyarakat bisa menggunakan jalan itu dengan nyaman. Jika infrastruktur jalan bagus, tentu pendapatan masyarakat bisa meningkat. Sektor pendidikan dan kesehatan juga akan meningkat. Media Indonesia, 26 Januari 2016, halaman 7


TAGS Kabupaten Padang Pariaman


-

Author

Follow Me